Sabtu, 05 Desember 2009

'Penyakit' Kesepian Mudah Menular pada Wanita

Ngomongin masalah kesepian, Bun jadi mau bahas masalah ini...

PERASAAN sendiri dan kesepian tentu tak mengenakkan. Untuk para wanita, waspada, 'penyakit' ini mudah menular pada Anda daripada pria.

Kesepian bisa menular dan menyebar seperti halnya flu, demikian hasil penelitian Amerika Serikat seperti dilansir nydailynews.

Menurut para peneliti pada the University of Chicago, the University of California-San Diego, dan Harvard, "penyakit" ini bisa menyebar diantara sekelompok orang dan wanita cenderung mudah tertular dibanding pria.

Menggunakan data dari kajian berskala besar, mereka menemukan fakta bahwa orang kesepian cenderung menyebarkan perasaan sedihnya pada orang-orang sekitar. Sayangnya, hal ini tak jarang membuat mereka diasingkan dari lingkungan.

"Kami telah mendeteksi pola penularan luar biasa yang menjadikan orang diasingkan dari jaringan sosialnya saat mereka kesepian," kata psikolog University of Chicago, John Cacioppo.

Sebelum kehilangan teman, orang kesepian menularkan perasaan kesendiriannya pada teman-teman lain, yang juga menderita kesepian.

Karena kesepian berkaitan dengan penyakit fisik dan mental, tak heran jika masalah ini dapat mempersingkat umur hidup penderitanya. Sebab, orang kesepian menjadi kurang percaya pada orang lain dan membuat mereka sulit menjalin pertemanan.

Untuk itu, Cacioppo menegaskan, penting bagi orang-orang untuk mengobati perasaan kesepian sebelum kembali ke lingkaran sosialnya. Penting pula bagi mereka untuk mengobati kesepian dan berdamai dengan perasaan tersebut sebelum menyebar.

Kajian tentang kesepian di atas menguji catatan penelitian Framingham Heart sebelumnya yang mengkaji kasus risiko penyakit kardiovaskular pada lebih dari 5000 orang sejak tahun 1948. Kini, penelitian Framingham Heart telah memasuki generasi kedua, yang mencakup 5124 orang. Dan, hasilnya telah dipublikasikan awal bulan ini pada the Journal of Personality and Social Psychology.

Bookmark and Share

1 komentar:

ina on 5 Desember 2009 pukul 22.14 mengatakan...

setuju mbak....
bener bgt hihihi....

Posting Komentar

 

Rumah Bunda Vie Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template